Wednesday, December 8, 2010

Perancangan dan Pembuatan Sound Aktifasi Robot KRCI


Untuk rangkaian sound aktifasi terdiri dari 2 bagian yaitu pemancar dan penerima. Rangkaian pemancar berfungsi membangkitkan sinyal suara dengan frekuensi tertentu dan rangkaian penguat agar suara yang dihasilkan mempunyai daya yang tinggi selanjutnya adalah speaker sebagai output yang berfungsi untuk mengeluarkan suara.

Pembangkit gelombang yang digunakan adalah IC LM555 yang diatur sebagai pembangkit gelombang kotak. Frekuensi yang diinginkan adalah sebesar 3 – 4 kHz.

 Frekuensi yang dihasilkan dapat diatur dari kombinasi nilai resistor dan kapasitor RA, RB, dan C yang dapat dihubungkan dengan menggunakan rumus sebagai berikut.
                          f =1.414 / ((RA + 2*RB)*C)
                        Duty_Cycle = RB / (RA + 2*RB)
            
Supaya lebih memudahkan pengaturan resistor RB menggunakan sebuah variable resistor supaya dapat diubah-ubah frekuensinya sesuai kebutuhan. Nilai-nilai RA, RB, dan C yang diperoleh darii perhitungan dengan rumus diatas adalah sebagai berikut:RA = 1 kΩ; RB = 3.9 kΩ; C = 0.047µF

Gambar 1 IC LM555 sebagai sound generator
                

Pada rangkian penerima terdiri atas mic sebagai input dan juga menerima gelombang suara dari pemancar. Dengan mengatur nilai resistor dan kapasitor, dapt diatur range frekuensi yang dapat dideteksi oleh IC ini. Jadi nilai resistor dan kapasitor yang dihubungkan pada IC tersebut diatur sehingga dapat mendeteksi suara pada range frekuensi tersebut (3 – 4 kHz).

Besarnya frekuensi tegangan dari tone decoder ini dapat dihitung dengan menggunakan rumus:
                             fo = 1 / (1.1*R1*C1)
Untuk selanjutnya nilai kapasitor Cdibuat tetap sedangkan nilai Rdibuat variable untuk memidahkan dalam melakukan seting dalam rangka mendapatkan nilai frekuensi yang diinginkan. 

Output dari IC ini adalah berupa open colektor yang dapat disambung dengan sebuah LED sebagai indicator. Output dapat langsung dihubungkan dengan pin mikrokontroller dengan terlebih dahulu diberikan resiator pullup. Sedangkan untuk rangkaian amplifiernya menggunakan penguat sebuah transistor biasa untuk memberikan sinyal yang ditangkap oleh microphone.



Gambar 2 Rangkaian Tone decoder LM567 dan Rangkaian Amplifier



Baca Artikel Selanjutnya :

2 comments:

Rendra said...
This comment has been removed by the author.
Rendra said...

untuk pemancarnya menggunakan speaker apa gan???